makanan ringan khas sumatera utara

Beberapa-Rekomendasi-Makanan-Khas-Medan-Yang-Enak Beberapa-Rekomendasi-Makanan-Khas-Medan-Yang-Enak

makanankecil – Kota Medan terkenal dengan sebutan Tanah Deli sejak masa penjajahan Belanda, yang bermula perkampungan kecil Medan Putri dan telah dibuka oleh seorang guru bernama Patimus Merga Sembiring Pelawi.

Dahulu kepopuleran dengan nama Tanah Deli mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) sampai ke Sungai Wampum di angkat. Setelah masa kemerdekaan populer nama Tanah Deli menyurut dan hampir tidak terkenal, dan orang-orang mulai mengenal Medan.

Dimedan mayoritas penduduknya berasal dari Kerajaan Batak atau keturunan orang Batak, maka identik Kota Medan juga populer dengan Kota Batak. Penduduk Medan sebagian besar suku menyebar/merantau di hampir setiap daerah dengan sebutan khasnya orang Batak.

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Dan setiap daerah Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang rasanya sangat sayang untuk kamu lewatkan makanan khasnya.

Meskipun Medan itu berada ada di bagian Utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain makanan khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan. Jangan sampai ketinggalan yaa untuk mencicipi makanan khas dari Kota Medan ini.

Makanan yang berkhas Batak juga tidak kalah menarik dan lezatnya di bagian Pulau Sumatera ini, walupun tidak sepopuler Padang dan Aceh. Namun makanan dan oleh-oleh dari Kota Medan/Kota Deli ini termasuk makanan dengan rasa yang enak dan lezat. Yuk kita simak makanan khas Medan yang bisa dibuat oleh-oleh dan sangat populer di daerahnya.

Apa saja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau mungkin dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.? Langsung saja kita simak bersama, makanan khas Medan.

1. Bika Ambon, Kue Khas Medan

Bika-Ambon-Khas-Medan
Banyak orang mengira lho kalau itu asalnya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika Ambon yaa? Belum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.

Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya bika ambon saat masih hangat gays.

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu deh, hehe. Tapi memang benar beda lho, walaupun makan bika ambon saat sudah dingin tetapi rasanya gak bakal hilang kok rasanya juga enak. Tapi makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobai deh kalau tidak percaya.

2. Durian Medan

Kamu pasti tahu dengan buah yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan kenikmatan rasa yang sangat nikmat saat memakannya.

Buah ini sangat istimewa lo, oleh karena itu buah ini harganya juga lumayan cukup mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di Kota Medan ini.

3. Bolu Merantai, Oleh Oleh Khas Medan

Boulu-Merantai

Kuliner khas lainnya yang bisa kamu coba ketika mendatangi Kota Medan yaitu bolu merantai.

“Aaahhhh, cuma sebuah bolu saja apa bedanya sih dengan bolu lainnya?”

Eiitss jangan salah sangka dulu ya, bolu merantai ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasanya wwoouu sangat lezat dan berbeda.

Makanan bolu dari Medan ini memiliki berbagai farian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yakni kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bulu rasa abon ayam. Kalau saya sihh suka yang rasa kacang gays.

Kalau kamu berkujung ke Medan lalu bingung mau beli oleh-oleh apa, coba saja bolu meranti ini. Udah banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dirumah. Kamu bisa menentukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Betawi

4. Soto Medan

Hampir disetiap daerah Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.

Di Medan ternyata juga ada lho makanan soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya adalah soto Medan. Meskipun sama-sama soto, tetapi soto medan mempunyai satu cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.

Kalau saya sihh sangat suka dengan soto medan karena rasanya yang sangat berbeda dan enak sekali gays. Cobain dehh kalau gak percaya.

5. Pancake Medan, Cemilan Khas Medan

Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian . Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pankake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau suduh ada yang menjualnya di sana.

6. Lemang, Makanan Khas Medan

Pernah dengar makanan yang satu ini?…

Lemang ini ternyata makanan khas Tebing Tinggi jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Tapi kamu gak usah jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi gays karana saking enaknya makanan ini, di Medan juga sudah ada yang jual kok, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Tebing Tinggi.

Lemang ini dimasak dengan cara yang unik yaitu dengan cara dibakar di atas bara api sampai matang.
Kalau kamu penasaran, cobain saja makanan ini, datng ke Jalan Bromo atau Jalan Gatot Surbroto Medan.

5-Camilan-Khas-Sumatera-Barat 5-Camilan-Khas-Sumatera-Barat

makanankecilPernah ke Sumatera Barat? Biasanya sering bawa oleh-oleh apa? Di seluruh penjuru Nusantara terdapat berbagai kuliner sedap termasuk di Sumatera Barat, ada beragam camilan dan masakan lezat yang harus kamu coba apalagi ketika berkunjung ke sini.

Walaupun makanan ini adalah makanan tradisi dari dahulunya, namun akan selalu cocok di lidah dan harganya pun tergolong murah. Berikut 5 daftar makanan yang harus kamu coba.

1. Karak kaliang

karak-kaliang
Karak Kaliang adalah sejenis kerupuk gurih berwarna kuning berbentuk menyerupai angka 8 dan terbuat dari tepung ubi, makanan ini adalah makanan khas Bukittinggi. Jika berkunjung ke Bukittinggi kamu harus beli oleh-oleh ini ya, dijamin kalian pasti suka kerupuk renyah ini yang satu ini sebagai teman makan nasi.

2. Karupuak sanjai

Karupuak-Sanjai

Makanan khas berikutnya juga berasal dari Bukittinggi, terbuat dari singkong yang dipotong tipis, ada juga yang dipotong lebar tipis lalu digoreng, terakhir baru diberi varian rasa sesuai selera. Karupuak sanjai memiliki varian rasa, ada kerupuk sanjai balado merah, balado hijau dan original.

3. Rakik maco

Rakik-Maco

angan ketawa dulu ya! Maco di sini maksudnya bukan maco yang diistilahkan untuk seorang cowok, melainkan adalah sejenis peyek pada kebiasaan. Namun yang membedakannya adalah toppingnya yang terdiri dari ikan kering kecil-kecil, dan ikan itulah yang dinamakan dengan maco.

Selain rakik maco, rakik udang rebon dan juga ada rakik kacang, dan makanan ini bisa ditemukan dimana saja di kawasan Sumatera Barat.

 

Baca Juga : Beragam Makanan Khas Kota Banjarmasin

 

4. Kipang kacang

Kipang-Kacang

Kipang kacang adalah sejenis camilan manis dan renyah yang terbuat dari campuran kacang tanah dan gula merah yang dicetak dan dipotong seperti kotak-kotak kecil lalu dibungkus sesuai ukuran yang pas di mulut.

Selain kipang kacang, ada juga kipang puluik putiah (pulut putih), dan ada juga kipang puluik hitam yaitu kipang yang terbuat dari campuran gula merah dengan beras pulut hitam.

5. Randang talua

randang-talua

Randang talua yaitu rendang telur kering, memiliki rasa gurih dan renyah. Randang talua cocok dimakan bersama nasi, makanan ini berasal dari daerah Payakumbuh.

6. Kalamai

Kalamai

Sebutan lain untuk kalamai adalah galamai, cemilan manis satu ini terbuat dari tepung ketan, santan dan gula merah.

Pembuatannya terhitung lama dengan proses pengadukan terus menerus, sehingga memiliki tekstur rasa lembut dan kenyal. Makanan ini hampir sama dengan rasa dan tekstur dodol atau jenang. Makanan ini bisa ditemukan di mana saja di Sumbar.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan camilan yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat, makanan yang ditawarkan ada yang memiliki rasa gurih dan manis yang tentunya enak, kamu pilih mana?