makanan ringan khas medan

Beberapa-Rekomendasi-Makanan-Khas-Medan-Yang-Enak Beberapa-Rekomendasi-Makanan-Khas-Medan-Yang-Enak

makanankecil – Kota Medan terkenal dengan sebutan Tanah Deli sejak masa penjajahan Belanda, yang bermula perkampungan kecil Medan Putri dan telah dibuka oleh seorang guru bernama Patimus Merga Sembiring Pelawi.

Dahulu kepopuleran dengan nama Tanah Deli mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) sampai ke Sungai Wampum di angkat. Setelah masa kemerdekaan populer nama Tanah Deli menyurut dan hampir tidak terkenal, dan orang-orang mulai mengenal Medan.

Dimedan mayoritas penduduknya berasal dari Kerajaan Batak atau keturunan orang Batak, maka identik Kota Medan juga populer dengan Kota Batak. Penduduk Medan sebagian besar suku menyebar/merantau di hampir setiap daerah dengan sebutan khasnya orang Batak.

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Dan setiap daerah Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang rasanya sangat sayang untuk kamu lewatkan makanan khasnya.

Meskipun Medan itu berada ada di bagian Utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain makanan khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan. Jangan sampai ketinggalan yaa untuk mencicipi makanan khas dari Kota Medan ini.

Makanan yang berkhas Batak juga tidak kalah menarik dan lezatnya di bagian Pulau Sumatera ini, walupun tidak sepopuler Padang dan Aceh. Namun makanan dan oleh-oleh dari Kota Medan/Kota Deli ini termasuk makanan dengan rasa yang enak dan lezat. Yuk kita simak makanan khas Medan yang bisa dibuat oleh-oleh dan sangat populer di daerahnya.

Apa saja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau mungkin dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.? Langsung saja kita simak bersama, makanan khas Medan.

1. Bika Ambon, Kue Khas Medan

Bika-Ambon-Khas-Medan
Banyak orang mengira lho kalau itu asalnya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika Ambon yaa? Belum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.

Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya bika ambon saat masih hangat gays.

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu deh, hehe. Tapi memang benar beda lho, walaupun makan bika ambon saat sudah dingin tetapi rasanya gak bakal hilang kok rasanya juga enak. Tapi makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobai deh kalau tidak percaya.

2. Durian Medan

Kamu pasti tahu dengan buah yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan kenikmatan rasa yang sangat nikmat saat memakannya.

Buah ini sangat istimewa lo, oleh karena itu buah ini harganya juga lumayan cukup mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di Kota Medan ini.

3. Bolu Merantai, Oleh Oleh Khas Medan

Boulu-Merantai

Kuliner khas lainnya yang bisa kamu coba ketika mendatangi Kota Medan yaitu bolu merantai.

“Aaahhhh, cuma sebuah bolu saja apa bedanya sih dengan bolu lainnya?”

Eiitss jangan salah sangka dulu ya, bolu merantai ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasanya wwoouu sangat lezat dan berbeda.

Makanan bolu dari Medan ini memiliki berbagai farian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yakni kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bulu rasa abon ayam. Kalau saya sihh suka yang rasa kacang gays.

Kalau kamu berkujung ke Medan lalu bingung mau beli oleh-oleh apa, coba saja bolu meranti ini. Udah banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dirumah. Kamu bisa menentukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Betawi

4. Soto Medan

Hampir disetiap daerah Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.

Di Medan ternyata juga ada lho makanan soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya adalah soto Medan. Meskipun sama-sama soto, tetapi soto medan mempunyai satu cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.

Kalau saya sihh sangat suka dengan soto medan karena rasanya yang sangat berbeda dan enak sekali gays. Cobain dehh kalau gak percaya.

5. Pancake Medan, Cemilan Khas Medan

Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian . Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pankake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau suduh ada yang menjualnya di sana.

6. Lemang, Makanan Khas Medan

Pernah dengar makanan yang satu ini?…

Lemang ini ternyata makanan khas Tebing Tinggi jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Tapi kamu gak usah jauh-jauh pergi ke Tebing Tinggi gays karana saking enaknya makanan ini, di Medan juga sudah ada yang jual kok, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Tebing Tinggi.

Lemang ini dimasak dengan cara yang unik yaitu dengan cara dibakar di atas bara api sampai matang.
Kalau kamu penasaran, cobain saja makanan ini, datng ke Jalan Bromo atau Jalan Gatot Surbroto Medan.