Makanan Kecil berbahan Dasar Singkong

Makanan Kecil berbahan Dasar Singkong

Makanan Kecil berbahan Dasar Singkong – Bagi anda para pecinta makanan berbahan dasar singkong dapat mencoba makanan-makanan ini.  Berikut ini merupakan artikel yang membhas tentang makanan ringan yang berrbahan dasar singkong yang wajib anda coba.

Merdeka.com – Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Tanaman singkong ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti Afrika dan Asia Tenggara. Dalam perkembangannya kini kamu bisa mengonsumsi singkong bukan saja hanya direbus atau digoreng, melainkan dalam berbagai macam makanan.

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam singkong menjadikan siapapun yang mengonsumsinya akan merasakan kenyang yang sama saat mengonsumsi nasi. Namun singkong terkenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

1. Combro dan Misro

Kreasi makanan dari singkong yang pertama adalah combro dan misro. Combro merupakan singkatan dari bahasa sunda dari oncom di jero yang artinya oncom di dalam. Sedangkan misro merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam.

Kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari parutan kasar singkong yang kemudian diisi dengan oncom di dalamnya dan digoreng. Jika combro berisikan oncom, sedangkan misro berisikan gula merah.

Baca Juga :Makanan Kecil dari Olahan Beras

2. Tiwul

Tiwul merupakan kreasi makanan dari singkong yang berasal dari Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas nusantara ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan.

Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, Pacitan dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari. Saat ini di beberapa supermarket sudah menjual varian tiwul instan.

3. Lemet

Kreasi makanan dari singkong berikutnya adalah Jajanan tradisional lemet singkong. Jajanan ini berbahan dasar parutan singkong, kelapa dan gula pada pembuatannya.

Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dengan perpaduan rasa manis yang berasal dari gula merah. Bentuknya seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang namun tanpa sematan lidi dan berbentuk lebih kecil jika dibandingkan lontong.